Selamat Datang di area SOLATIP-Thanks atas kunjungannya, kalo mau link kamu ada disini...ditunggu konfirmasinya untuk tukeran link dengan tipstutorial..!!" Berikut Link Yang sudah saya linkback: Slowinfo - Rumah Industri - Kang Rohman-NationaLink

Membuat Animasi Masking di Flash

Hoss,. Gomen (maaf) kalo tulisan ini sangat basi jadi bagi yang yang merasa sudah merasa bosan silahkan untuk mencari atau melanjutkan surfing,.. hiks! Yups, sekarang mulai aja ya,.. cape kalo mengetik kagak karuan gini,..

Pertama kali anda buka Macromedia Flash->File->New (sebenarnya sudah otomatis sewaktu anda membuka program), telihat stage masih dalam keadaan kosong lalu anda buat sederet tulisan, dalam hal ini saya menulis
(gambar1)

oh, iya tulisan tersebut berada pada layer 1 dan frame 1. kemudian buat satu Layer baru dgn mengklik insert layer
(gambar 2)


setelah itu copy tulisan pada layer 1 dengan shortcut Ctrl+C atau pada menu

Edit->Copy dan Paste in place pada layer 2 dgn shortcut Ctrl+Shift+V atau pada menu Edit->Paste in place sebelumnya layer 2 dalam keadaan aktif untuk mengaktifkannya tinggal klik layer 2. kenapa tidak langsung paste saja? Karena jika paste maka hasil yang akan di paste-kan akan berpindah tidak sejajar atau ngepas tulisan. Selanjutnya insert layer untuk di jadikan object mask, pada layer 3 kita buat persegi dengan warna yang berbeda dan letakkan dekat dengan tulisan
(gambar 3)

eh, jangan lupa layer 3 harus pada baris kedua dari barisan layer caranya drag layer 3 kemudian tahan dan geser kebaris kedua.

Setelah persiapan layer sudah beres, kini pada toolbar Timeline klikkanan pada frame 15 klik Insert Frame (gambar 4) lakukan hal yang sama pada setiap layer.

Selanjutnya pada frame 15 pada layer 3  klik kanan pilih Create Motion Tween  
(gambar 5)

geser object persegi sampai ke akhir huruf. Test dengan menekan Enter jika object begerak dari kiri ke kanan maka animasi berhasil setelah animasi bergerak sekarang klik kanan pada layer 2 dan pilih Mask
(gambar 6)

kemudian lihat hasil dengan menekan Enter atau dengan testmovie pada menu Control->TestMovie atau juga dgn shortcut Ctrl+Enter dan jangan lupa untuk di save.

Yups, sekian mudah2an dapat bermanfaat dan kembangkan dengan kreasi sendiri.,.,

Oke,.. ja nee! ^_^

 

//Greetz to:

-         Allah SWT, My Family (thank`s a lot).

-         Alumni SMAN 4 Bogor, nak2 theShadow (Anto, Deni, Erki & Dekris), 3Pha3 (kapan reunian lagi ni?), Al-k (kamana wae yeuh?), Ibonk, Tono, Asep, Captein, Niko, Khaerul, Wira, Aje (kapan mancing teh?), TusukGigi Mild (wei, ngband lagi donk?), Lar`c en Ciel, theRain.

-         Kent Academy (thank`s for learning), Indra (kapan nginep lagi ni?), Augy (eh, jangan lupa jaga lilin, hiks?), Rahmat (gimana jualan Plz nya lancar gak?), Dede (ajarin Visual Basic donk?).


Sumber dari situs Ilmu Website dalam kategori flash dengan judul Tutorial Flash menggunakan Masking


0 comments:


SOLATIP by : Akimdave | solatip.blogspot.com